Selasa, 27 November 2012

Bahan Dasar Pembuatan Gitar


Kayanya engga afdol deh kalo Agan Agan semua belum tau bahan pembuatan gitar. Untuk itu di tread  kali ini gue bakalan ngebahas mengenai bahan yang digunakan untuk membuat gitar. Sebenernya banyak banget bahan atau kayu yang bisa dipakai dalam pembuatan gitar, namun yang sangat populer dikalangan pencinta gitar hanya Alder , Ash , Basswood , Maple , Mahogany , dan Agathis padahal ada banyak kayu kayu dari Indonesia yang sudah teruji kualitasnya. Kayu kayu tersebut antara lain :

1. Kayu Lasi


Termasuk kedalam jenis kayu istimewa. Nama lainnya adalah KILAKI. Spesies jenis Adina Fagifolia Val. Suku Rubiaceae. Kayu ini mempunyai kekeringan yang bagus dan berat jenis yang tidak tergolong berat. Warna kayu ini kuning tua , dengan corak kembang sedang , daya kekerasan sedang ,dengan serat yang berpadu.

2. Kayu Ebony 


Kayu yang sudah tak asing lagi bagi kalangan industri gitar di Dunia untuk di jadikan freetboard atau kayu lapis atas & tengah Body  nama lainnya adalah Macasar Ebony , kayu arang ,Coromandel & kayu hitam. Nama latinnya Dyospiros spp. family suku Ebenaceae. Warna hitam kelabu di selang seling warna lebih muda, dan terkadang hitam gelap. Sifat pengerjaan nya keras & sukar , kembang serat besar kekerasan sedang . tekstur kasar.

3. Kayu Cempaka



Nama lainnya adalah Baros. Warna kuning sampai coklat merah. Kekerasan sedang. kayu ini sekarang sedang banyak di uji coba untuk di jadikan bahan alat musik , karena tergolong kayu yang mempunyai resonansi suara yang baik dengan serat yang rapat.

4. Kayu Sonokeling





Nama lainnya adalah Sonobrits , Palisander, Indian Wood , sono sungu. Nama latinnya Dalbergialatifolia Roxb. Dengan warna merah tua / ungu dengan garis-garis hitam gelap. Kayu ini jenis yangg sangat keras , bahkan bisa lebih keras dari pada Ebony, dan jika di gosok bisa sangat halus sekali.

 5. Kayu Mahoni


Kayu asli Indonesia yang paling banyak di cari untuk di jadikan bahan Body gitar/ bass. Pabrikan Gibson, PRS dll menggunakan kayu jenis ini untuk bahan baku gitar nya . Kayu ini berwarna coklat muda hingga coklat tua . kayu yg sudah berumur ratusan tahun sangat bagus sekali di jadikan bahan Body & neck gitar/bass. 

Kayu ini di temukan oleh orang amerika di Indonesia dulunya, maka lebih terkenal dengan sebutan Amerika Mahogany. Kayu ini sekarang menjadi langka di Indonesia karena banyak di eksport untuk di jadikan bahan gitar/bass dan alat musik yg lain. Seratnya sangat padat , jika di gergaji atau diolah tidak mudah sompal, rapih dan tidak berbulu. Kayu ini masuk hitungan kayu terbaik untuk gitar di Dunia .


 6. Kayu Sungkai




Inilah kayu yg pernah merajai bahan pembuatan gitar di era tahun 80/ 90an. Kayu yang mirip sekali dengan serat dan warna kayu Ash dari amerika. resonansi suara yang dihasilkan cukup baik. Kayu yg sudah berumur tua sangat bagus. berwarna kuning muda sampai kuning tua.




2 komentar:

  1. macamana nak dapatkan kayu kayu untuk buat gitar ni bos?

    BalasHapus
  2. Kayu campaka,mangga mana yg lebih bagus bang?

    BalasHapus